Empat Pesan Penting Kepala Sekolah

Upacara hari senin merupakan salah satu kegiatan yang selalu dilakukan oleh keluarga besar SD Negeri 007 Bangun Purba. Sebagai salah cara mengenang jasa para pahlawan pejuang kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Upacara Bendera yang diikuti hampir 194 siswa dan 10 majelis guru ini terlihat lebih baik jika dibandingkan dengan pelaksanaan sebelumnya. Iya, mungkin saja petugas-petugas yang ditunjuk ini memiliki rasa tanggung jawab sehingga dalam melaksanakan tugas, mereka penuh khidmat. Demikian halnya dengan peserta upacara terutama dari siswa-siswi SD Negeri 007 Bangun Purba juga terlihat lebih khidmat jika dibandingkan dengan pelaksanaan sebelumnya. 

Dalam upacara ini sebagai pembina upacara adalah Bapak Kepala SD Negeri 007 Bangun Purba yaitu Bapak Hermes Harianja, S. S. Ada 4 pesan penting yang beliau sampaikan pada saat amanat pembina upacara, yaitu:
1. Pesan untuk petugas upacara dan peserta
Sebagai petugas, hendaklah memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi sehingga dalam pelaksanaan nanti akan membuahkan hasil yang maksimal. Petugas upacara merupakan bagian yang paling penting dalam upacara, sebab baik dan tidaknya, bagus atau buruknya sebuah upacara akan terlihat dari petugasnya. Jika petugas melaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan khidmat, maka akan peserta upacara pun juga akan menikmati, sehingga akan terlaksana upacara yang kita harapkan. 


2. Kerapian dan Keseragaman
Seolah bukan lagi menjadi hal yang asing untuk dikatakan tentang kerapian dan keseragaman ini. Iya, hampir setiap hari dan setiap minggu selalu saja pembina upacara menyampaikan hal yang demikian. "Sampai dengan saat ini masih banyak juga siswa-siswi yang belum memakai seragam lengkap, padahal hampir semua guru, semua pembina upacara selalu menghimbau untuk dapat mengenakan seragam lengkap saat upacara dilaksanakan, ke depan hendaknya untuk hal yang seperti ini perlu lebih kita tingkatkan lagi sehingga semua siswa dan siswi kita akan berpakaian lengkap, rai serta bersih".


3. Kebersihan lingkungan sekolah
"Coba diperhatikan halaman sekolah kita, masih banyak terdapat sampah-sampah plastik yang berserakan. Lalu, darimana sampah itu berasal. Apakah dari Bapak dan Ibu Guru yang membuang sampah di halaman? Apakah orang-orang luar yang sengaja membuang sampah di halaman? Atau mungkin dari siswa-siswi yang setelah makan lalu sampah dibuang begitu saja?". Hendaknya ini menjadi perhatian untuk kita semua. Sampah-sampah yang kita hasilkan dari bungkus jajan kita, kita masukkan ke dalam tong sampah. Sekolah telah menyediakan begitu banyak tong sampah, nah disitulah letakkan sampah bungkus jajan kita itu ke dalamnya.

4. Ujian Semester
Setelah kita melakukan Ujian Tengah Semester, kembali kita akan melaksanakan ujian yaitu Ujian Semester. Ujian ini akan kita laksanakan pada tanggal 13 Desember 2016 sampai dengan selesai. Oleh sebab itu, kepada seluruh siswa-siswi kelas 1 sampai dengan kelas 6, persiapkan diri kalian untuk mengikuti ujian semester ini. Perlu kita ketahui bahwa, hasil ujian tengah semester 1, ujian semester 1, ujian tengah semester 2 dan ujian semester 2 merupakan tolak ukur untuk menentukan kenaikan kelas kalian nantinya. 


 




0 komentar:

Posting Komentar

Empat Pesan Penting Kepala Sekolah