Siswa Sekolah Dasar Mengikuti Ujian Keterampilan Memasak

"Untuk melatih keterampilan siswa dalam hal menciptakan suatu karya dalam hal cita rasa atau kuliner, kita akan melakukan penilaian di bidang memasak. Penilaian ini merupakan penilaian dari mata pelajaran Keterampilan". Demikian yang disampaikan Guru Keterampilan SD Negeri 007 Bangun Purba.


Dalam kegiatan ini siswa yang dilibatkan adalah siswa kelas VI yang terdiri dari 31 siswa. Dari 31 siswa dibagi menjadi 3 kelompok. Jadi setiap kelompok terdiri dari 7-8 siswa. Adapun pemilihan kelompok berdasarkan petunjuk guru. Setiap kelompok terdiri dari kelompok heterogen. Yaitu terdiri dari siswa dan siswi dengan ketentuan yang telah diberikan oleh guru. 


Kegiatan ini dilakukan di halaman sekolah. Selama kegiatan ini berlangsung terlihat antusias siswa dalam kegiatan ini. Karena kegiatan seperti ini jarang sekali dilakukan di tingkat sekolah. Mengingat makanan yang kita dapatkan saat ini biasanya merupakan jenis makanan cepat saji yang biasanya kita sendiri tidak tahu cara pembuatannya. Tujuan dari kegiatan ini adalah:

  1. Memberikan penilaian individu maupun kelompok bagi seluruh siswa
  2. Menanamkan nilai sosial kepada siswa
  3. Menanamkan unsur kerja sama kepada siswa dalam satu kelompok
  4. Mengajarkan kepada siswa tentang cara memasak dan menyajikan makanan kepada oranglain
  5. Melatih keterampilan siswa dalam hal memasak
Penilaian bukan hanya dilakukan oleh guru Keterampilan saja, akan tetapi diberikan juga oleh majelis guru yang lain. Beberapa komponen yang dinilai adalah cara memasak, proses memasak, penyajian atau plating dan rasa masakan. Empat komponen ini merupakan komponen yang masih tergolong ringan.

"Dengan adanya kegiatan seperti ini kita dapat melihat secara individu siapakah diantara siswa ini yang sering membantu orangtuanya memasak di rumah. Dari kegiatan ini juga akan terlihat keseriusan siswa dalam menjalankan tugas yang diberikan oleh guru".




0 komentar:

Posting Komentar

Siswa Sekolah Dasar Mengikuti Ujian Keterampilan Memasak